-->

Mengenal Inkscape

Konten [Tampil]
Inkscape adalah sebuah perangkat lunak editor gambar vektor yang bersifat Open Source dibawah lisensi GNU GPL. Tujuan utama dari Inkscape adalah membuat perangkat grafik mutakhir yang memenuhi standar XML, SVG, dan CSS. Inkscape hampir memiliki kesamaan dengan sofware CorelDraw akan tetapi Tools dan fitur-fiturnya tidak sama persis, hanya beberapa yang sama. Inkscape Support atau tersedia pada semua System Operasi komputer yaitu Windows, Macintosh, dan Linux. Program dan code sumber (source code) inkscape tersedia untuk umum pada situs resmi inkscape jadi siapapun dapat mempelajari dan mengembangkan inkscape. Inkscape digunakan untuk membuat gambar vector untuk berbagai kebutuhan. Inkscape biasanya digunakan untuk membuat ilustrasi, ikon, gambar kartun, animasi, kaligrafi, logo, brosur dll.
inkscape
Gambar: Inkscape.org
Inkscape menggunakan format gambar yang sangat handal misal png. jpg, jpeg dll. Dengan ukuran format lebih kecil daripada aplikasi lain yang serupa hasil vector Inkscape dapat lebih mudah disebarkan ke Internet. Dukungan format tersebut hasil Inkscape dapat digunakan di berbagai browser dan smartphone terbaru atau masa kini. Setiap object dapat dimodifikasi dan diberi warna sesuai dengan kebutuhan. Hyperlink dapat digunakan dan ditambahkan sehingga gambar bisa digunakan untuk web browser, Hal ini merupakan tujuan utama Inkscape yang digunakan untuk membuat gambar dengan format XML, SVG, dan kompatible dengan script CSS.

Kelebihan:

Software Grafis Vector gratis.
Ringan.
Banyak pilihan Warna.
Kompatible dengan Web Browser.
File yang dihasilkan berkualitas.
Backups Otomatis. Berbeda dengan Corel Draw, ketika kita menggunakan inkscape, terjadi not respon dan kita lupa untuk menyimpannya maka Inkscape akan otomatis menyimpan File baru di mana kita simpan file yang kita buat sebelumnya.
Panel Pengaturan lengkap. Sama dengan software pengolah vector lainnya, seperti panel pengaturan warna dan layer ada di inkscape juga lebih mudah dalam penggunaannya.

Kekurangan:

Ukuran file dapat menjadi Besar. File Inkscape dapat menjadi lebih besar ketika objek yang kita gunakan banyak menggunakan gradasi, masking dan terdapat file JPG yang ukurannya relatif besar
Tidak support edit file dokument dari software lain.
Tidak bisa Bitmap editing.
-->
LihatTutupKomentar