Mengubah Background Tanda tangan Menjadi Transparan menggunakan GIMP

[Sanwitana] Di era digital seperti sekarang ini, banyak dokumen tidaklagi dicetak dengan kertas. Banyak perusahaan besar mengubah dokumennya menjadi format digitas semisal dalam bentuk Pdf. BEntuk file digital ini paling banyak digunakan. Salah satu komponen utama sebagai bentuk legalisasi suatu dokumen adalah perlunya dokumen dibubuhi tanda tangan dan cap instansi terkait.

Biasanya proses awal tanda tangan dibuat pada kertas yang kemudian discan dan kemudian di sisipkan pada file dokumen kita. Artikel kali ini akan membahas bagaimana mengubah tanda tangan hasil scan menjadi siap dimasukkan ke dalam dokumen dengan mengubah/ menghilangkan background hasil scanning.

Berikut langkah-langkah yang harus dikerjakan:

1. Siapkan tanda tangan yang akan diubah

2. Buka aplikasi GIMP, jika tidak punya bisa unduh di website resminya gratis

3.Buka file tanda tangan dengan cara klik menu FILE > OPEN dan pilih file tandatangan

4. Kemudian sesuaikan ukuran tanda tangan dengan terlebih dahulu melakukan cropping tanda tangan. dengan cara klik icon crop kemudian sesuaikan ukuran dan tekan enter.

crop tool

5. Klik kanan pada bagian layer gambar di pojok kanan bawah kemudian pilih ADD ALPHA CHANNEL

pilih alpha channel

6. Gunakan Fuzzy Select tool kemudian klik pada background warna putih.

penggunaan fuzzy select tool

7. Setelah background terseleksi (ditandai dengan adanya garis putus-putus) kemudian tekan tombol delete. dan background akan berubah menjadi transparan.

gambar transparan

8. Terakhir expor hasil edit dengan klik menu FILE -> EXPORT AS -> beri anam file dan pilih lokasi penyimpanan dan kemudian pilih ekstensi file PNG dan klik EXPORT

expor gambar

Hasilnya akan seperti ini

hasil edit tanda tangan


Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url