-->

Pengenalan Awal LibreOffice

Konten [Tampil]
template libreoffice
Gambar.libreoffice.org
LibreOffice adalah perangkat lunak perkantoran (Office suite) yang bersifat free software dan open source yang dikembangkan dari OpenOffice.org oleh organisasi the document Foundation dan tersedia untuk platform GNU/Linux, Windows, dan Mac. LibreOffice sebagai perangkat lunak perkantoran memiliki program word processor, spreadsheet, dan presentation masing-masing dengan nama Writer, Calc, dan Impress. LibreOffice mendukung format dokumen berstandart ISO yakni OpenDocument Format (ODF) sebagai standar utama serta mendukung format dokumen Microsoft OOXML. LibreOffice mulai dikembangkan pada tahun 2010 dari kode sumber free software yang bernama OpenOffice.org. Hal ini terjadi disebabkan oleh perusahaan Oracle mengakusisi perusahaan Sun Microsystem, yang mengelola OpenOffice.org, pada awal tahun 2010.Dalam pembuatan aplikasi LibreOffice ini ibertujuan agar aplikasi perkantoran ini tetap pada jalur open source. Developer asli OpenOffice.org khawatir Oracle akan mengubah free software tersebut menjadi proprietary, maka sebagian sari mereka keluar dari proyek Oracle dan membuat turunan dari OpenOffice.org yang dinamakan LibreOffice. Developher asli OpenOffice.org yang keluar ini kemudian membentuk Organisasi yang bernama The Document Foundation yang saat ini memimpin proyek perkembangan software LibreOffice.

Tahun Kejadian Perkembangan LibreOffice

1985 Munculnya StarWriter 1.0 dari Marco Borries (Pendiri Perusahaan StarDivision).
1985 ke atas Perubahan nama StarWriter menjadi StarOffice.
1999 Perusahaan besar Sun Microsystem mengakusisi perusahaan StarDivision.
2000 Perusahaan sun mengumumkan software StarOffice 5.2 sebagai free software (LGPL). Situs http://openoffice.org pertama muncul.
2001 Angka 1 juta unduhan OpenOffice.org tercapai.
2002 OpenOffice 1.0 org.
2010 Perusahaan besar Oracle mengakusisi Sun Microsystem.
2010 Pembentukan organisasi The Document Foundation diumumkan.
2011 The Document Foundation meluncurkan versi awal LibreOffice. Pada jangka waktu Januari – Oktober LibreOffice sudah mendapat 7,5 juta unduhan.

Keunggulan LibreOffice.

1. Aplikasi LibreOffice jauh lebih murah jika dibandingkan dengan perangkat lunak berabayar. Karena aplikasi LibreOffice ini memiliki lisensi General Public License (GPL) sehingga pemakai aplikasi ini tidak perlu berabayar lisensi. Pengeluaran biaya yang dilakukan ketika pengguna akan mendownload melalui internet atau biaya mengcopy CD. Biasanya, aplikasi LibreOffice sudah dilengkapi dalam distro Linux, sehingga anda hanya perlu untuk membeli CD Linux saja.

2. Aplikasi LibreOffice ini sangat bebas dan merupakan pilihan yang bijak karena aplikasi ini bersifat open source dan dapat disesuaikan dengan berbagai kebutuhan. Jika pengguna aplikasi ini menggunakan sistem operasi Microsoft Windows, tersedia pula paket program LibreOffice versi Windows.

3. Aplikasi LibreOffice dangat mudah dalam mengkonversikan dokumen yang telah dibuat dengan menggunakan aplikasi laiinya misalnya Microsoft Office. Hampir semua format dokumen Microsoft Office dapat dibaca oleh LibreOffice.

4. Aplikasi LibreOffice sangat bersahabat karena aplikasi ini rilis lama ke rilis terbaru jauh lebuh bersahabat dibandingkan dengan program pengolah kata lainnya yang berbayar. Beberapa aplikasi pengolah kata lainnya file yang dibuat dengan rilis lama kadang sukar dibuka dirilis terbaru.

5. Aplikasi LibreOffice adalah apliaski yang stabil, maksudnya adalah aplikasi ini sangat sulit untuk diserang oleh virus dan sangat jarang aplikasi ini terkena crash.

6. Aplikasi ini mendukung Java, aplikasi yang terletak didalam LibreOffice ini sangat kompatibel dengan arsitektur java yang paling banyak dipergunakan untuk mendesain web saat ini.

Karakteristik LibreOffice.

Aplikasi ini memiliki ciri-ciri aplikasi yang gratis dan dapat diakses dan diperoleh dengan cara mendonwload di internet tanpa harus membayar lisensi aplikasi tersebut. Aplikasi Libre Office ini memiliki format dokumen yang digunakan adalah Open Document Format Text Document (.ODT) yang mampu membuka dokumen lain dari aplikasi AbiWord dan StarWriter. Document yang dihasilkan oleh Libre Office ini tidak mudah terserang oleh virus. Aplikasi LibreOffice ini dapat digunakan untuk membuka file yang dibuat dengan pengolah kata MicrosoftWord dan tersedia format penyimpanan yang kompatibel dengan pengolah kata Meicrosoft Word sehingga memiliki hasil dapat dibuka menggunakan Microsoft Word yang sering kita gunakan. Aplikasi ini juga tersedia untuk berbagai platform sistem operasi, seperti linux dan Windows. LibreOffice juga tersedia versi portabel untuk Windows, sehingga dapat langsung dijalankan tanpa perlu diintals kedalam hardisk.
-->
LihatTutupKomentar