Pengertian GNU, Linux, GNU/Linux dan Distro

gnu-linux
Gambar: www.linuxandubuntu.com
Secara ringkas GNU adalah nama sistem operasi, Linux adalah nama kernel, dan GNU/Linux adalah nama sistem operasi gabungan dari keduanya. Orang sering terbalik mengenali GNU sebagai “Linux” dan kesalahan itu tidak membantu orang memahami maka perlu dijelaskan pengertian masing-masingnya. sedangkan Distro adalah sistem operasi GNU/Linux yang didistribusikan ke masyarakat.

GNU
GNU adalah sistem operasi bebas (free operating system) yang pertama kali dikembangkan di dunia. GNU juga merupakan sistem operasi paling besar saat ini. Tujuan GNU dibuat ialah membuat komputer bisa dioperasikan bebas dari software yang proprietary. GNU mulai dikembangkan tahun 1984 ketika tidak ada satu pun sistem operasi yang bebas di zaman itu, oleh The GNU Project yang kini disokong oleh Free Software Foundation. GNU bersifat Unix-like dan kompatibel sepenuhnya dengan sistem operasi Unix sehingga cara pengoperasiannya sama serta program-program Unix bisa dijalankan di GNU dan sebaliknya. Di antara komponen GNU ialah GNU C Library (glibc), GNU C Compiler (gcc), GNU bash shell, GNU coreutils (cp, ls, pwd, du, df, cat, …), GNU binutils (gas, ld, ldd, …), GNU Privacy Guard (gpg), GNU Texinfo (info), GNOME, GIMP, Emacs, GNU Hurd, dan seterusnya. GNU bisa disejajarkan dengan sesama sistem operasi lainnya seperti Windows, Unix, BSD, macOS, MINIX, dan Android.

Linux
Linux adalah kernel sistem operasi bebas (free kernel) yang dikembangkan pertama kali oleh Linus Torvalds dari Finlandia tahun 1992. Linux diumumkan pertama kali tahun 1991 dalam keadaan tidak bebas (proprietary) dan diubah menjadi bebas tahun 1992. Linux adalah kernel, yaitu salah satu komponen penting sistem operasi yang tugasnya mengalokasikan sumber daya perangkat keras, yang terus menerus hidup selama sistem menyala, yang mentransportasikan sumber daya itu ke komponen-komponen penting yang lain. Linux, untuk dapat dipergunakan, perlu digabungkan ke dalam sistem operasi yang sudah ada, umumnya dengan GNU menjadi GNU/Linux dan pada ponsel dengan Android menjadi Android/Linux. Linux memiliki sifat Unix-like sehingga dapat menggantikan kernel-kernel asli dari sistem operasi Unix maupun Unix-like lainnya serta cara kerjanya serupa dengan kernel Unix.

GNU/Linux
GNU/Linux adalah sistem operasi gabungan dari GNU dan Linux. Rumus penamaannya nama OS / nama kernel. GNU/Linux merupakan sistem operasi bebas karena kedua komponen intinya bebas. Contoh GNU/Linux yang terkenal di masyarakat ialah Slackware, Debian, Ubuntu, Red Hat Enterprise, Fedora, SUSE Enterprise, openSUSE, Arch, Manjaro, Gentoo, dan seterusnya.

Distro
Distro atau distribusi adalah kependekan dari distribusi GNU/Linux. Setiap sistem operasi GNU/Linux yang didistribusikan ke masyarakat disebut distro. Tiap-tiap distribusi GNU/Linux adalah sistem operasi bebas. Komponen sebuah distro ialah sistem operasi itu sendiri ditambah repositori yang mengandung segala software yang didistribusikan bersamanya. Maka Slackware, Debian, Ubuntu, Fedora, SUSE Enterprise, dan seterusnya disebut distro. Yang tidak termasuk distro GNU/Linux adalah Android, karena Android sebenarnya Android/Linux, bukan GNU/Linux.
***
Sumber: notabug.org
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url