-->

3 Cara Jitu Meningkatkan Domain Authority (DA) dan Page Authority (PA) Bagi Pemula

Konten [Tampil]
3 Cara Jitu Meningkatkan Domain Authority (DA) dan Page Authority (PA) Bagi Pemula

Ya betul sekali teman-teman tidak salah baca. Tips ini saya praktekkan sendiri di blog ini. Perlu diketahui bahwa blog ini baru dibuat 1 Januari 2021 berarti saat artikel ini dibuat belum genap 2 bulan usia blog ini. Pertama kali blog ini dibuat nilai DA (domain authority) dan PA (page authority) adalah 1, sepertinya itu adalah nilai default dari sananya. Namun hanya dalam waktu 1,5 bulan domain authority sudah naik menjadi 3 dan page authority naik menjadi 4. Coba teman-teman bayangkan jika satu setengah bulan naik 2-3 point maka dalam setahun kurang lebih kita akan memiliki DA dan PA minimal sebesar 12 point. Itu hitungan kasarnya, bahkan akan jauh lebih dari itu jika teman-teman mengikuti dengan sungguh-sungguh 3 cara jitu meningkatkan domain authority dan page authority bagi pemula yang saya terapkan.

3 Cara Jitu Meningkatkan Domain Authority (DA) dan Page Authority (PA) Bagi Pemula

Nah baiklah saya akan sampaikan satu persatu cara jitu yang saya maksud.

1. Utamakan menggunakan domain TLD atau sTLD

TLD (Top Level Domain) dan sTLD (second Top Level Domain) adalah jenis domain yang umumnya berbayar dan banyak dipakai oleh website profesional. contoh TLD seperti .com, .net, .id, .info dan lainnya sedangkan sTLD seperti .co.id, .my.id, .co.uk dan sebagainya. Domain mempunyai peranan penting dalam proses blogging karena domain adalah brand atau merk yang menjadi nilai jual kita. Dimana nama domain yang mudah ditulis dan ekstensi domain yang kredibel dipercaya dapat meningkatkan nilai jual suatu artikel. Sebagai contoh ada sebuah atrikel yang ditulis oleh blog contohblog.blogspot.com dan contohblog.com kira-kira manakah link website yang akan teman-teman buka dan baca? tentu saja website yang memiliki domain dot com karena terlihat lebih kredibel dan terpercaya. Jadi sejalan dengan itu otomatis pilihan domain ikut berpartisipasi meningkatkan point  authority website kita.

2. Menggunakan Template SEO Friendly

Template yang SEO Friendly seolah menjadi kebutuhan mutlak bagi seorang blogger untuk meningkatkan kualitas websitenya. Beberapa fitur utama sebuah template dikatakan SEO Friendly adalah:

a. Cepat dan Responsive: Template yang cepat dan responsive sangat disukai karena mudah diakses dan loadingnya cepat.

b. Mobile Friendly dan Support AMP: Fitur ini sangat selaras dengan masa sekarang dimana orang lebih ska menggunakan perangkat mobile atau smartphone untuk mengakses internet dibanding dengan PC/Laptop, sedangkan fitur AMP (Accelerated Mobile Pages) adalah fitur yang sangat menekankan kepuasan pada pengguna mobile/smartphone sehingga website dapat diakses lebih cepat dan lebih baik dibanding dengan template responsive biasa.

3. Rajin Membuat Artikel dan Backlink Berkualitas

Artikel yang berkualitas adalah artikel yang dibuat dengan sepenuh hati, materi yang diambil benar-benar otentik, original dan jauh dari unsur plagiat. konten jenis ini adalah konten yang paling disukai oleh search engine. Selain original sebuah artikel juga harus memenuhi susunan tata bahasa yang baik tidak diringkas seperti menulis pesan singkat di aplikasi perpesanan. Menggunakan keyword yang tepat juga dapat meningkatkan poin authority. Dan yang penting juga adalah ketika artikel sudah selesai dibuat dan terpublikasikan segera submit url ke Webmaster tool yang dimiliki misal Google Search Console (GSC) agar segera dapat terindex oleh mesin pencari. Selain itu untuk mempromosikan artikel dapat kita share isi artikel baik sebagian maupun seluruhnya ke media sosial yang kita miliki tentu dengan menggunakan link aktif yang mengarah kepostingan artikel di blog kita.

Terakhir adalah hal yang paling penting (sejauh ini) untuk meningkatkan DA dan PA adalah dengan mendapatkan Backlink berkualitas. Backlink adalah sebuah link dari blog lain yang mengarah kepada blog kita. Backlink ini bisa didapat dengan cara blog partner (bertukar link blog) atau guest post.

Semua cara di atas sudah saya gunakan dan berhasil menaikkan DA dan PA blog saya sehingga harapannya juga manjur dipakai oleh blogger-blogger lain. Sementara saya hanya update artikel tiap satu pekan sekali dan bisa naik 2 poin kalau teman-teman lebih rajin dari saya bukan tidak mungkin setelah satu tahun DA dan PA blog kalian sudah diatas 20, dimana angka 20 adalah nilai cukup baik dimata search engine. Selamat mencoba.

-->
LihatTutupKomentar