-->

Aplikasi Alternatif Linux Pengganti Aplikasi Berbayar di Windows

Konten [Tampil]

Aplikasi Alternatif Linux Pengganti Aplikasi Berbayar di Windows
Sumber: Antotunggal
Banyak sekali aplikasi yang biasa dipakai oleh banyak orang yang terpasang di sistem operasi Windows. Namun hampir semua aplikasi yang terpasang di sana adalah aplikasi berbayar yang tidak jarang cara memanfaatkannya adalah dengan melakukan pembajakan baik menggunakan aplikasi tambahan seperti aktivator maupun dengan menambahkan patch pada aplikasi legalnya sehingga aplikasi berbayar bisa dipakai tanpa harus membayar atau berlangganan.

Artikel ini akan membahas beberapa aplikasi opensources (gratis, bebas dan terbuka) yang bisa menggantikan fungsi aplikasi berbayar yang banyak terpasang di OS Windows.

1. Aplikasi Office Package

Aplikasi Alternatif Linux Pengganti Aplikasi Berbayar di Windows
Gambar: LibreOffice
Aplikasi Office adalah aplikasi yang wajib terpasang di setiap komputer ataupun laptop karena aplikasi ini adalah aplikasi dasar yang paling banyak digunakan untuk mengolah kata, angka, presentasi, database dan lain sebagainya.

Kalau di Windows kita mengenal Microsoft Office maka Linux menyediakan alternatif aplikasi tersebut yaitu LibreOffice. LibreOffice yang bisa diunduh di situs resminya www.libreoffice.org adalah aplikasi alternatif paling populer karena paling banyak digunakan oleh pengguna GNU/Linux baik yang sudah terpasang pada distro linux maupun yang harus dipasang terpisah. Salahsatu kelebihan Libreoffice adalah selain bisa dipasang pada Distro linux tetapi juga bisa dipasang di Windows.

Walaupun ada alternatif lain seperti OpenOffice, Free Office dan WPS Office, namun tidak begitu banyak peminatnya apalagi WPS Office yang hanya gratis pada pengolah word, excel dan powerpoint saja dan lagi WPS bukan termasuk opensource hanya sekedar freeware.

2. Aplikasi Desain Grafis

Aplikasi Alternatif Linux Pengganti Aplikasi Berbayar di Windows
Gambar: Inkscape
Aplikasi desain Grafis yang paling banyak digunakan adalah Corel Draw (desain vektor) dan Adobe Photoshop (desain bitmap). Dua aplikasi itu sudah bisa digantikan oleh Inkscape dan Gimp.

Inkscape adalah aplikasi desain grafis berbasis vektor yang mampu menyaingi coreldraw bahkan sebagian desainer mengatakan Inkscape lebih mendekati Adobe Ilustrator daripada Corel Draw yang berarti kualitas Inkscape melebihi Corel Draw di beberapa fitur. Inkscape bisa diunduh di situs ww.inkscape.org.

Gimp adalah aplikasi desain grafis berbasis bitmap yang secara fungsi bisa menggantikan Adobe photoshop yang berbayar. Gimp bisa diunduh di www.gimp.org

Kedua aplikasi ini (inkscape dan gimp) bisa berjalan di platform windows maupun linux.

Bagaiman dengan aplikasi desain 3 dimensi seperti AutoCAD? tentu saja bisa diganti dengan FreeCAD.

3. Aplikasi Video Editor

Aplikasi Alternatif Linux Pengganti Aplikasi Berbayar di Windows
Gambar: Logo Kdenlive
Kalau bicara Video Editor tentu banyak diantara kita yang memakai adobe premier ataupun sekedar filmora dan yang semisal. Tetapi seperti biasa aplikasi tersebut hanya bisa digunakan full version jika kita membayar.

Sebenarnya banyak aplikasi opensource yang bisa digunakan untuk mengedit video, diantaranya adalah Blender, Lightwork, Olive, Shotcut dan yang paling bagus adalah Kdenlive.

Itulah beberapa aplikasi yang paling banyak digunakan baik versi berbayar maupun versi gratis yang bisa digunakan pada sistem operasi Windows maupun berbagai distro Linux.

-->
LihatTutupKomentar