Cara Agar Artikel Blog Tidak Diduplikasi Sembarangan

Cara Agar Artikel Blog Tidak Diduplikasi Sembarangan
Gambar: Dilarang copas sembarangan
Beberapa blogger mungkin kesal dengan duplikasi konten sembarangan, tentu saja setiap orang akan merasa kesal ketika hasil karya yang dibuat dengan susah payah bahkan mungkin tidak sedikit yang sampai mengeluarkan biaya untuk hasil karya itu, namun dengan mudahnya hasil karya tersebut diduplikasi oleh orang lain bahkan sampai diakui sebagai karyanya. Bagi para master di dunia blogger tentu sudah mempunyai cara agar artikel blog tidak diduplikasi sembarangan oleh orang lain, bagi para pemula mungkin banyak yang belum mengetahui cara-cara mengantisipasinya. Baiklah disini saya akan memberikan 2 cara dari sekian banyak cara mengatasi duplikasi konten terutama pada pengguna Blogspot.

1. Script Anti Copy Paste
Salahsatu cara mengatasi agar konten atau artikel tidak dicopy paste sembarangan adalah dengan memasang script khusus yang di pasang pada template blog. Ada 2 jenis script yang akan tuliskan disini.

a. Script body
Script ini saya namakan script body karena dipasang untuk menggantikan <body> pada template. Caranya adalah:

Pertama, Buka edit HTML kemudian cari tulisan <body> kemudian ganti dengan script:

<body oncontextmenu='return false;' onkeydown='return false;' onmousedown='return false;' ondragstart='return false' onselectstart='return false' style='-moz-user-select: none; cursor: default;'>

Efek dari script ini selain artikel tidak bila di seleksi (blok) dan copy juga halaman blog kita tidak bisa di inspect elemen yang berarti kode template kita tidak bisa dilihat orang lain. Jadi tidak ada yang bisa meniru tampilan halaman kita atau mengkloningnya.

b. Script Head
Sebagaimana script sebelumnya nama ini diambil karena script ditulis dibawah kode <head> pada template blog.

Pertama buka edit HTML template kemudian cari kode <head> dan letakkan script tepat di bawah tulisan <head>. Berikut script yang harus dituliskan:

<script type="text/javascript">
if (typeof document.onselectstart!="undefined") {
document.onselectstart=new Function ("return false");
}
else{
document.onmousedown=new Function ("return false");
document.onmouseup=new Function ("return true");
}
</script >

2. Script Citasi
Jika pada cara pertama bertujuan agar artikel tidak bisa disalin, maka pada cara kedua ini artikel blog bisa disalin namun hasil salinannya akan memunculkan alamat atau URL dari artikel blog kita.

Caranya: masuk ke edit HTML kemudian carilah kode </body> kemudian tuliskan salahsatu script tepat diatas kode </body>

Versi 1:
<script type='text/javascript'> //<![CDATA[ // Copy Text function nocopas(){var e=window.getSelection();pagelink="<br/><br/>Read more: "+document.location.href,copytext=e+pagelink,newdiv=document.createElement("div"),newdiv.style.position="absolute",newdiv.style.left="-99999px",document.body.appendChild(newdiv),newdiv.innerHTML=copytext,e.selectAllChildren(newdiv),window.setTimeout(function(){document.body.removeChild(newdiv)},100)}document.addEventListener("copy",nocopas); //]]> </script>

Versi 2:
<script type='text/javascript'> //<![CDATA[ !function(e,t){var n="getSelection",o="removeAllRanges",i="addRange",l="parentNode",a="firstChild",d="appendChild",r="removeChild",s="test",c="innerHTML";if(e[n]){var p,g,f,h,u,y;t.addEventListener("copy",function(C){for(g=C.target;3===g.nodeType;)g=g[l];if(h=t.createElement("div"),(p=e[n]())&&p.rangeCount&&(p=p.getRangeAt(0))&&(f=p.cloneRange(),p=p.cloneContents())){for(;u=p[a];)h[d](u);if(!/^(pre|code)$/i[s](g.nodeName||"")&&!/(^|\s)no-attribution(\s|$)/i[s](g.className||"")){var v=e.location.href;h[c]+="<br><br>&copy; "+t.title+'<br>Source: <a href="'+v+'">'+v+"</a>"}y=t.createRange(),t.body[d](h),y.selectNodeContents(h),p=e[n](),p[o](),p[i](y),setTimeout(function(){h[l][r](h),p[o](),p[i](f)})}},!1)}}(window,document); //]]> </script>

Hasilnya seperti ini
Cara agar artikel blog tidak diduplikasi sembarangan
Gambar: Tampilan setelah copy paste artikel
Lalu bagaimana dengan pengguna wordpress? Bagaimana cara mengatasi dupliaksi konten bagi pengguna wordpress? Wordpress adalah salahsatu platform blog yang sangat kaya kan plugin, maka dari itu untuk mencegah copy paste artikel pada wordpress pun harus dengan plugin khusus yang bernama WP Content Copy protection & No Right Click.

Caranya masuk dashboard wordpress, kemudian klik plugin – Addnew (tambah baru).

Kemudian ketikkan kata kunci prevent copy atau copy protection di kolom pencarian atau bisa langsung ketik WP content copy protection. Jika sudah ketemu kemudian klik install now.

Setelah plugin sukses terpasang, klik tombol activate atau aktifkan agar plugin bisa dipakai.

Setelah plugin aktif kita hanya perlu melakukan pengaturan plugin tersebut dengan cara masuk ke menu plugin dan pilih installed plugins dan klik WP content copy protection. Sebenarnya tidak ada pengaturan khusus sehingga kita tinggal membiarkan pengaturannya default saja namun apabila kita ingin mencoba-coba silahkan bisa mengkostumasi pengaturan plugin sesuai keinginan kita.

Bagaimana jika kita tidak mau menginstal plugin? Ada tips khusus apabila kita tidak menginstall plugin anti copas pada wordpress, yaitu:

Pertama, berikan peringatan dibagian footer bahwa konten pada blog dilindungi undang-undang dan setiap kreator berhak menuntut secara hukum.

Kedua, bisa menggunakan widget Digital milenium copyright act (DMCA) di blog yang bisa didapat secara gratis dengan cara mendaftar di dmca.com

Ketiga, memasang lisensi creative common untuk memberitahu pembaca terkait lisensi artikel yang ada pada blog. Lebih lanjut tentang lisensi creative common bisa dibaca disini.
Next Post Previous Post
3 Comments
  • Yiyin
    Yiyin March 27, 2021 at 7:16 AM

    Alhamdulillah, ini yang sedang aku cari nih. Tapi apakah langsung di tempel min, tidak perlu menghapus bagian script lain?🤔

    • Author
      Author March 27, 2021 at 7:52 AM

      tempel langsung tanpa menghapus script lain

  • M. Norfahrul
    M. Norfahrul April 2, 2021 at 7:34 AM

    Informasi yg sederhana gak ribet kayak blog sebelah hehh

Add Comment
comment url