Sertifikat Google Analytic

Kalau kemarin kita membahas sertifikat blogger Indonesia yang dikeluarkan oleh website kami, maka pada kesempatan kali ini saya akan membahas sertifikat lain yang pernah saya dapatkan yaitu Google Analytic Certificate.

Sertifikat ini didapat setelah kita berhasil menyelesaikan kursus yang diberikan oleh google analytic tool. Kursus yang diadakan bermacam-macam jenisnya yaitu seperti yang ada pada gambar di bawah ini: 

Sertifikat Google Analytic
Gambar: Jenis kursus Analytic Academy
Dari 6 jenis kursus di atas, saya berhasil sudah menyelesaikan 2 kursus yaitu kursus Google Analytics for Beginner dan Advanced Google Analytics serta 1 sertifikat tambahan yaitu Google Analytics Individual Qualification.

Sertifikat Google Analytics
Gambar: Sertifikat Google Analytics Individual Qualification

Sertifikat Google Analytics
Gambar: Sertifikat Advanced Google Analytics

Sertifikat Google Analytics
Gambar: Sertifikat Google Analytics for Beginner

Baik kita mulai bahas satu per satu, kita mulai dari Sertifikat Google Analytics for Beginner. Sertifikat ini saya dapatkan setelah mengikuti kursus online di situs Google Analitics Academy kemudian mengerjakan soal-soal yang disediakan total sekitar 100 soal berbahasa Inggris (Bahasa sertifikat menyesuaikan bahasa soal sertifikasi) itulah kenapa sertifikat yang saya dapatkan berbahasa Inggris. Materi kursus dan soal ujian untuk mendapatkan Sertifikat Google Analytics jenis ini hanya berisi informasi dasar tentang Google Analytics sehingga apabila teman-teman terbiasa menggunakan tool Google Analytics saya kira cukup mudah mendapatkan sertifikat ini.

Kemudian yang kedua adalah sertifikat Advanced Google Analytics. Sertifikat ini juga didapat secara online setelah mengikuti kursus lanjutan tentang pengetahuan Google Analytics. Materi dan soal yang diujikan juga lebih sulit dari tingkat pertama dengan jumlah soal yang hampir sama yaitu total seratus lebih. Soal yang disediakan meluputi penggunaan tools pada google analytics secara lebih mendalam dan advanced dibanding yang pertama (google analitics for beginner).

Terakhir adalah sertifikat Google Analytics Individual Qualification ini saya dapatkan dengan menjawab kurang lebih 99 soal berkaitan dengans emua fitur dari google analytics, bisa dibilang ini adalah ringkasan dari 2 sertifikat sebelumnya.

Setelah ketiga sertifikat ini saya dapatkan, saya bermaksud mengikuti kursus berikutnya namun materi atau pembahasan yang ada dirasa kurang saya perlukan sehingga saya mencukupkan dengan tiga sertifikat saja.

Bagi teman-teman yang ingin mencoba mengikuti kursusnya dan mendapat sertifikat gratis bisa klik menuju ke halaman official Google Analytic Academy di Analytics Academy (google.com) jangan lupa wajib menggunakan akun google untuk mendapatkan sertifikat-sertifikat tersebut.

Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.

Next Post Previous Post
6 Comments
  • Romadoni
    Romadoni March 6, 2021 at 9:21 PM

    sangat bermanfaat nih infonya. tp saya kurang pede nih wawasan google analytics masih kurang. mungkin bisa dibahas lebih mendalam di tulisan berikutnya

    • Author
      Author March 8, 2021 at 7:27 AM

      Insya Allah jika ada kesempatan saya bahas satu persatu mas..hehehe

  • kanghadad.web.id
    kanghadad.web.id March 7, 2021 at 11:09 AM

    mantap mas koleksi sertifikat-nya..

    • Author
      Author March 8, 2021 at 7:27 AM

      sebagai bukti pernah belajar pak...hehehe

  • Ardian
    Ardian March 8, 2021 at 1:00 PM

    Baru tau klo bisa dapat sertifikat analytic juga, boleh dicoba nih. Thanks infonya gan.

  • M. Norfahrul
    M. Norfahrul April 2, 2021 at 7:35 AM

    Bayar gak om?

Add Comment
comment url