-->

5 Akibat Ganti Domain

Konten [Tampil]
5 resiko ganti domain
Gambar: Ganti domain
Terkadang untuk alasan tertentu kita perlu mengganti domain kita baik itu dari domain gratis menjadi domain berbayar, bahkan bisa jadi berubah dari domain berbayar yang satu ke domain yang lain baik hanya ekstensi domainnya atau bahkan full nama domain.

Ada yang beralasan branding bahkan ada yang yang bertujuan menghindari banned dari penyedia iklan ataupun banned dari pihak lain.

Karena saya mengambil alasan untuk menaikkan branding maka tepat tanggal 31 Maret 2021 saya membeli domain baru dan secara resmi mengubah domain sanwitana.my.id menjadi sanwitana.com agar lebih terlihat profesional. Dikarenakan blog sanwitana.my.id sudah memiliki rating yang sukup bagus maka untuk sementara saya meredirect domain sanwitana.my.id ke sanwitana.com. setelah melakukan setup pada penyedia domain dan sukses redirect ke domain baru ternyata saya menemui banyak masalah, beberapa masalah sebagai akibat ganti domain yang didapat antara lain:

1. Google index

Masalah pertama dan utama ada pada indexing google dimana semua artikel yang ada tidak terindex atau lebih tepatnya semua artikel masih terindex ke domain lama sehingga ketika dilakukan pencarian dengan kata kunci domain baru saya yaitu site:sanwitana.com kita tidak akan menemukan artikel apapun di sana. Untuk beberapa hari mungkin domain baru belum akan terindex search engine google. Dan tentu saja artikel akan mulai terindex secara bertahap beberapa waktu kedepan

2. Google search console dan Google analityc

Masalah berikutnya ada pada GSC atau Google Search Console dimana saya harus mengulang add property dan redirect dari blogspot (maklum saya pakai blogspot sebagai “hosting”nya) dan tentu saja harus submit sitemap ulang lengkap dengan inspect url tiap artikelnya. Untung saja blog saya belum terlalu banyak artikelnya jadi tidak terlalu pegal mengulang lagi.

Setelah GSC selanjutnya Google analytic juga harus diset ulang terutama edit pada bagian propertinya, yaitu dengan mengedit nama/URL lama blog kita dengan URL yang baru dilanjutkan dengan koneksi ulang google analytic dengan akun GSC agar data tersinkronisasi dengan baik.

3. Domain and Page Authority

Yang tidak kalah ribetnya adalah masalah authority yang akan kembali ke angka 1 dimana angka itu adalah angka mulai/terendah dari suatu blog/website. Untuk menaikkannya perlu waktu yang tidak sebentar. Domain dan page authority sangat berkaitan erat dengan backlink jadi untuk menaikkan DA dan PA saya harus mengulangi trik 3 cara jitu menaikkan DA dan PA dan mengulang proses penenaman backlink baik melalui blogpartner maupun guest post dan teknik penanaman backlink lainnya. Dengan DA dan PA yang rendah tentu saja sedikit banyak mengurangi tingkat pendapatan seperti jobreview yang sangat mengutamakan authority. Serta jenis jasa iklan lain yang mengandalkan Domain authority.

4. Rangking blog

Selain DA dan PA yang menurun tentu saja rangking blog menurun terutama di alexa yang kembali terjun bebas dan sangat mempengaruhi kredibilitas dan tingkat kepercayaan pelanggan

5. Layanan iklan

Script penyedia iklan pun harus direset dan tidak jarang ada yang harus di submit ulang. Inilah hal yang cukup merepotkan.

Kurang lebih begitulah beberapa masalah yang bisa ditimbulkan dari penggantian domain, jadi ketika akan mengganti domain pikirkan secara lebih matang dan benar-benar siap menghadapi resiko yang ada. Karena mengganti domain setidaknya kita mengulang setengah jalan yang selama ini kita lalui
-->
LihatTutupKomentar