Cara Agar Artikel Cepat Terindex Google

Cara Agar Artikel Cepat Terindex Google
Google index
Banyak blogger mengeluh artikel blog lama terindex google bahkan ada yang artikel sulit terindex google sehingga mereka segera menghubungi mbah google untuk mencari tahu cara agar artikel blog cepat terindex oleh google.

Sebenarnya apa sih tips dan triknya agar artikel kita cepat terindex oleh google?sebelum kita masuk ke pembahasan inti, perlu kita ketahui dulu apa itu google index dan bagaimana cara kerjanya.

Google Index atau Index Google adalah database yang berisi informasi dan halaman website yang dikumpulkan oleh Google. Dari database tersebut Google bisa menampilkan hasil pencarian kepada pengguna melalui search engine.

Database itu didapat dari proses perayapan (crawling) dan indexing yang dilakukan Google. Proses ini membuat Google bisa menemukan halaman website baru di Internet menggunakan teknologi yang bernama spiders. Atau yang biasa disebut Googlebot.

Kenapa Artikel/blog harus terindex?

Tentu saja jawabannya agar artikel dan blog kita dapat ditemukan di mesin pencari oleh pengguna internet di seluruh dunia.

Jadi jika artikel atau blog kita tidak terindex maka orang lain tidak akan menemukan artikel/blog kita kecuali hanya dengan mengetikkan url blog

Baik itu sekilas tentang index google, sekarang kita masuk ke inti pembahasan. Sebagaimana kita ketahui bahwa sebenarnya cukup dengan membuat blog dan menulis artikel saja pasti akan terindex, namun waktunya entah kapan, sehingga kita perlu melakukan langkah-langkah khusus agar artikel/blog kita dapat terindex gengan cepat.

1. Membuat Artikel sesuai kaidah SEO
Artikel adalah kunci utama sukses tidaknya proses pengindexan, karena artikel merupakan bahan pokok index maka artikel harus dibuat sebaik mungkin dan memperhatikan kaidah SEO. Secara ringkas artikel SEO itu meliputi, panjang artikel minimal 300 kata (lebih dari 600 kata lebih utama), mengandung keyword yang diunggulkan, ditulis dengan memperhatikan kaidah bahasa dan tidak typo, bukan hasil plagiat.

2. Submit Sitemap di Google Search Console
Google search console adalah salahsatu alat wajib yang paling utama untuk dimiliki oleh para blogger.

Cara menggunakannya untuk mempercepat index google adalah dengan melakukan submit sitemap. Sitemap ini berisi data-data artikel maupun blog kita secara lengkap dimana melalui sitemap inilah googlebot akan merayapi dan kemudian mengenali artikel/blog kita yang hasilnya akan dijadikan database dan muncul di search engine.

Selama kita tidak mengubah domain, umumnya kita hanya perlu submit sitemap 1 kali saja dan akan otomatis akan autosubmit setiap ada harinya.

3. URL Inspection di Google search console
Selain submit sitemap, kita perlu melakukan url inspection dan melakukan request indexing, hal ini dipercaya dapat membantu google mempercepat proses pengindexan. Namun fitur ini tidak bisa digunakan berlebihan, ada batasan submit dalam kurun waktu 1 hari sekira 10 URL. Dan hanya perlu 1 kali request saja kecuali melakukan perubahan permalink/judul artikel.

4. Mendaftar di Google News
Cara terakhir dan dipercaya paling ampuh adalah dengan mendaftarkan blog kita di google news. Setelah terdaftar blog kita akan direview/verifikasi oleh tim google news selama beberapa hari tergantung dari kualitas blog kita.

Biasanya review/verifikasi hanya memakan waktu sekira 3 hari. Setelah artikel lolos dan dinyatakan diterima google news maka salah satu manfaat terbaik yang kita peroleh adalah proses index artikel kita menjadi sangat cepat. Setiap artikel yang kita publikasikan hanya butuh hitungan menit sudah muncul di penelusuran google alias sudah terindex dengan waktu yang sangat cepat.

Untuk lolos Google news tentunya sebuah blog harus sudah terhubung dengan google search console dan google analytic, 2 alat inilah yang sedikit banyak menentukan kelulusan di google news.

Demikian sedikit artikel dari saya semoga bermanfaat.



Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url