Cara Meningkatkan Domain Authority (DA) Dengan Backlink Berkualitas

Cara Meningkatkan Domain Authority (DA) Dengan Backlink Berkualitas
Backlink
Setelah google tidak lagi memperbarui sistem pagerank-nya, maka banyak dunia blog kini melirik beberapa sistem blog rank, salahsatu yang paling terkenal adalah Domain Authority (DA) yang di prakarsai oleh MOZ.

Sistem perangkingan ini dinilai cukup valid untuk menilai seberapa bagus rating sebuah blog dimata mesin pencari. Bahkan beberapa penyedia jasa iklan memperhitungkan nilai Domain Authority suatu blog. Semakin besar atau tinggi skor DA dari sebuah blog maka akan dianggap memiliki reputasi yang baik.

Salahsatu faktor penentu kenaikan Domain Authority adalah adanya backlink. Bahkan bisa dibilang backlink adalah faktor utama yang mempengaruhi angka Domain Authority. Tetapi sudahkah kita tahu apa itu backlink dan apa fungsi/manfaatnya serta bagaimana cara mendapatkannya?

Apa itu Backlink

Backlink adalah sebuah link yang ditanamkan di berbagai website lain dan mengarahkan ke website Anda atau website lain yang sedang dioptimasi. Backlink disebut juga dengan inbound link yang berarti link yang masuk ke sebuah post, halaman atau website.

Manfaat Backlink
Ada banyak fungsi dan manfaat backlink antara lain:
1. Meningkatkan rangking website anda di mesin pencari
2. Meningkatkan popularitas website
3. Meningkatkan kualitas SEO dan SERP
4. Meningkatkan traffick pengunjung maupun iklan (secara tidak langsung)

Cara Mendapatkan Backlink
Banyak cara ditempuh untuk mendapatkan backlink, baik yang ‘legal’ maupun ‘ilegal’. Kedua cara menghasilkan kualitas backlink yang sama. Baik cara yang ‘legal’ maupun ‘ilegal’ sama-sama berpotensi menghasilkan kualitas backlink yang baik dan buruk.

Cara ‘legal’ mendapat backlink antara lain dengan melakukan blogwalking (berkunjung ke blog orang lain), saling bertukar link (blog partner), meletakan link pada komentar, membeli ‘jasa backlink’, menjadi guest post dan sebagainya.

Sedangkan cara ‘ilegal’ seperti membuat blog zombie atau dummy, pyramid, link wheel, spam link dan lain sebagainya.

Sedangkan kualitas sebuah backlink ditentukan oleh dimana dan bagaimana cara kita menempatkan dan mendapatkan backlink. Backlink berkualitas didapat dari backlink yang berasal dari blog dengan niche sejenis, blog dengan Domain authority lebih tinggi, nilai spam score rendah, bukan hasil dari redirect atau backlink generator tool dan merupakan link dofollow (bukan berarti backlink nofollow tidak bagus).

Sebaliknya backlink dengan berkualitas rendah didapat dari blog dengan niche berbeda, hasil spam komentar, generator tool, dan berasal dari blog dengan spam score tinggi. Karena blog dengan spam skor tinggi akan dinilai sebagai blog spam/sampah dengan citra yang buruk.

Semoga bermanfaat.
Next Post Previous Post
4 Comments
  • arya alyusuf
    arya alyusuf May 12, 2021 at 7:36 AM

    Terimakasih min sangat sangat bermanfaat

    • Sanwitana
      Sanwitana May 25, 2021 at 8:37 AM

      sama-sama kak

  • Happy Satyani
    Happy Satyani May 24, 2021 at 10:30 AM

    Terima kasih sharingnya, mudah-mudahan DA saya cepet naik

    • Sanwitana
      Sanwitana May 25, 2021 at 8:38 AM

      rajin tanam aja mba..hehe

Add Comment
comment url