3 Bulan Sukses Membangun Blog

 

3 bulan sukses membangun blog
Banyak orang terkadang bingung bagaimana memulai ngeblog. Ada yang memang tidak tahu bagaimana ngeblog itu atau bahkan bisa ngeblog tapi belum tahu arah menuju kesuksesan. Pada artikel ini akan aya sampaikan tahapan seorang blogger agar bisa 3 bulan sukses membangun blog.

Artikel ini lebih khusus kepada para pemula atau paling spesifiknya lagi untuk orang-orang yang baru akan memulai membuat blog.

Seseorang membuat blog biasanya tertarik karena iming-iming adsense dan iklan supaya mendapat penghasilan, sehingga tidak sedikit blogger yang tergesa-gesa bertindak sehingga bukannya untung malah buntung.

Bagi seorang pemula, kesabaran adalah kunci utama kesuksesan, membuat blof bukan seperti membuat mie instan yang hanya beberapa menit dimasak sudah siap santap.

Blogger sukses punya cara dan tahapan sendiri dalam membangun blognya. Ada yang mengandalkan uang atau dana besar untuk membangun blog, ada yang mengandalkan konten dan kemampuannya, bahkan ada juga yang mengandalkan koneksi untuk membangun blognya.

Blogger yang mengandalkan dana untuk membangun blognya biasanya dia akan membeli blog siap pakai bahkan membeli blog yang sudah menghasilkan kemudian untuk mengelolanya dia memakai jasa menulis artikel dan jasa-jasa lain yang bisa dibeli dengan uang.

Kemudian Blogger yang mengandalkan konten, dia benar-benar ingin membangun blognya mulai dari nol dengan tahapan-tahapan sesuai kemampuannya, dia menulis artikel sesuai kemampuan atau sesuai kebutuhan pasar dan hanya mengeluarkan dana untuk hal-hal yang diperlukan saja.

Terakhir adalah blogger yang membagun blog dengan kekuatan koneksi, yaitu dia yang membangun blog dengan mengandalkan komunitas, misal saling blogwalking, bertukar artikel dan sebagainya.

Dari ketiga jenis di atas umumnya blogger pemula menggunakan metode kedua dan ketiga yaitu membangun sendiri dari nol dan bergabung ke komunitas.

Optimalnya membangun blog sesuai rule adalah sekira 3 bulan, kenapa 3 bulan, lama sekali? karena di waktu 3 bulan inilah kita baru akan melihat efek dari konten yang kita buat baik itu trafiknya maupun jenis konten seperti apa yang mendatangkan trafik maksimal.

Kita akan mengurutkan tahap demi tahap berdasarkan rentang waktu yang dibutuhkan oleh seorang blogger pemula.

0 - 1 bulan

Pada tahap ini adalah tahap dimana blogger benar-benar memulai membangun blognya. Hal-hal yang dilakukan pada masa awal ini antara lain:

1.  Membuat blog

Hal ini jelas karena modal utama kita mememang blog ini, beberapa hal utama saat membuat blog antara lain adalah apakah blog ini akan langsung menggunakan hosting mandiri?atau menggunakan hosting gratis dari blogspot/wordpress.

Disamping hosting perlu juga kita pikirkan jika itu untuk serius jangka panjang apakah hanya cukup dengan domain blogspot.com atau perlu domain TLD seperti .com, .net, .id dan sebagainya.

2. Pengaturan Webmaster Tool

Webmaster tool adalah sebuah perangkat yang digunakan untuk memantau statistik dan menunjang performa sebuah blog di mata mesin pencari. Webmaster tool yang paling populer adalah Google Search Console dan Google Analytic.

Google Search Console (GSC) digunakan untuk mendorong sebuah blog agar terindex di mesin pencari dan sebagai alat monitoring performa blog secara umum dan untuk mempercepat index biasanya akan disambungkan dengan google news.

Sedangkan Google Analytic lebih berfokus pada statistic pengunjung blog, mulai dari sumber trafik, demografi, organic atau bot trafik dan sebagainya.

Kedua tool diatas dipasang setelah ada artikel yang ditulis maksimal pada pekan pertama dan kedua setelah blog dibuat.

3. Belajar SEO

Belajar SEO baik off page dan on page sebenarnya dimulai dari sebelum membuat blog sebagai bekal untuk membangun sebuah blog. Namun memang idealnya belajar SEO terus berjalan selama masih ngeblog karena ilmu SEo dan algoritmanya selalu berubah dan berkembang sesuai kemajuan zaman.

SEO dilakukan untuk mengoptimasi sebuah blog beserta artikelnya untuk dapat meraih peringkat teratas pada mesin pencari yang dengannya diharapkan dapat mendatangkan visitor lebih banyak.

4. Menulis Artikel

Artikel mulai ditulis sebelum dibuatnya blog atau setidaknya segera setelah blog dibuat dan di publikasikan. Artikel yang dimuat pada blog harus memenuhi kaidah SEO dan penulisan yang baik dan benar setidaknya mendekati itu agar artikel yang dibuat dapat masuk di jajaran atas mesin pencari.

Sebuah blog lebih bagus jika membahas 1 topik utama yang artikel-artikelnya saling berkaitan karena hal ini merupakan jenis blog yang disukai oleh mesin pencari namun tidak mengapa jika blog berisi artikel campuran.

1 - 2 Bulan

Tahap kedua ini bisa disebut sebagai tahap pengembangan blog karena di tahap ini seorang blogger sudah mulai menerapkan ilmu-ilmu yang didapat dan mulai memperkenalkan blognya pada dunia luar. Tahapan di sesi ini adalah:

1. Update Kemampuan Menulis

Pada tahap ini seorang blogger sudah mulai meningkat dalam hal menulis artikel, yang semula hanya mampu 100-300 kata maka di bulan kedua ini harus sudah bisa mulai menulis hingga 500 kata walaupun mungkin baru beberapa artikel yang dibuat dengan 500 kata namun setidaknya sudah ada peningkatan level menulis. Selain produktifitas menulis yang ditingkatkan kualitas menulis pun harus mulai meningkat seperti kesalahan menulis sudah semakin diminimalisir, sudah mulai riset keyword dan sebagainya.

2. Belajar SEO 'Lagi'

Lagi dan lagi kemampuan SEO harus kembali ditingkatkan kalo sebelumnya on page maka dibulan ini sudah mulai meningkat ke off page.

3. Google News

Ditahap ini blog yang dibuat sebaiknya sudah terdaftar atau lolos google news sebagai upaya untuk mempercepat index artikel yang dibuat. Sebagai informasi bahwa jika kita memposting artikel kemudian menggunakan Inspect URL pada GSC, kita membutuhkan waktu beberapa jam hingga beberapa hari agar artikel muncul di mesin pencari, namun dengan sudah terdaftar di google news maka artikel akan otomatis terindex hanya dalam hitungan menit saja.

4. Blogwalking

Blogwalking adalah salah satu metode untuk menarik pengunjung, dimana sistem ini adalah kita masuk ke sebuah grup atau secara individu meminta orang lain untuk berkunjung ke blog kita atau kita saling berkungjung ke blog lain, selain berkunjung kita juga menyempatkan untuk menulis komentar sesuai artikel di blog tersebut sebagai tanda jejak pernah mampir.

Dari kegiatan blogwalking inilah sering terjadi adanya kenaikan pengunjung yang bisa jadi cukup signifikan. Dari blogwalking ini kita bisa kita manfaatkan sebagai ajang promosi blog kita dan sebagai ajang untuk mendapat referensi dari blog yang kita kunjungi, baik dari segi tata cara menulis, gaya bahasa atau sekedar tampilan dari blog orang lain yang bisa kita pelajari dan digunakan sebagai referensi dalam mengembangkan blog kita.

2 - 3 Bulan

Ini adalah tahap akhir di fase membangun blog. Di tahap ini seharusnya hanya tinggal proses evaluasi blog dan penguatan blog. Apa maksudnya?

Evaluasi yang dimaksud adalah selama dua bulan pertama kita sudah membangun blog dengan memperhatikan kaidah on page (submit GSC, artikel SEO dll) maupun off page (Blogwalking dll) maka di bulan ketiga ini hanya tinggal melihat hasil dari itu semua.

Hal itu bisa dilihat dari perkembangan trafik selama lebih dari 2 bulan, penilaian artikel, posisi di mesin pencari dan sebagainya.

Sedangkan penguatan blog maksudnya adalah memberi pendorong pada blog berupa asupan-asupan bergizi seperti meningkatkan kualitas dan kuantitas artikel (jumlah kata dalam artikel, keyword, dsb) serta menambah backlink.

Terkadang di hasil pencarian, artikel yang bagus kalah dengan artikel yang biasa saja hanya karena artikel bagus tapi dipublis oleh blog dengan authority rendah, sedangkan artikel yang biasa saja di tayangkan oleh blog dengan nilai DA dan PA yang tinggi, dimana nilai DA dan PA sangat dipengaruhi oleh backlink.

Pada tahap ketiga inilah saat yang tepat untuk mulai menanam backlink karena artikel yang kita muliki sudah cukup banyak dan blog biasanya sudah mulai stabil.

Backlink bisa didapat dengan berbagai cara ada yang dengan menanam link pada komentar, guest post, atau hanya sekedar bertukar link atau biasa dinamakan blog partner.

Sekarang pertanyaaanya, kapan waktu tepat untuk menjadikan blog kita ladang uang? sebetulnya blog sudah bisa menghasilkan uang sejak bulan pertama. Namun sebaiknya dilakukan setelah bulan ketiga, kenapa?karena biasanya dibulan ketiga rating blog sudah mulai tinggi.

Blog dengan rating tinggi berarti sudah memiliki visitor stabil tiap bulannya hal ini akan mempermudah dalam proses monetisasi baik melalui jalur Adsense, iklan non adsense (adsterra, MGID dsb) atau dengan membuka jasa content placement secara mandiri maupun melalui jasa layanan backlink (Rajabacklink, Mediabacklink dsb).

Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.

Previous Post
4 Comments
  • Anggi
    Anggi June 11, 2021 at 12:52 PM

    Jadi mau cerita, ini blog saya udah punya 10 tahun lamanya, cuma dulu isi galau aja kayak diary pribadi dan saya emang suka nulis.. beberapa tahun lalu saya baru nyoba untuk serius tapi blog, ya seperti yang disebutkan, godaan ngeblog cuma untuk adsesnse akhirnya nggak maksimal. Bingung sendiri sama niche, terus insecure sama mereka yg udah laju adsense dan jobnya. Ya udah, akhirnya saya tutup blog saya yg TLD meskipun sayang sih soalnya saya nulisnya juga butuh waktu banyak. Tahun ini saya mulai ngembangin blog yang udah saya punya 10 tahun ini biar lebih baik. Seenggaknya untuk melatih diri sendiri dalam hal tulis menulis.. Walau pelan-pelan tapi insya Allah malah lebih happy ngejalaninnya. Saya juga butuh belajar banyak. Kayaknya bakalan sering mampir di sini hehe :) Jadi panjang.

    • Author
      Author June 12, 2021 at 7:03 AM

      Ternyata kita pernah senasib gan...memang enaknya ngeblog itu menikmati proses menulis dan berbagi bukan fokus ke adsense, jadikan adsense dan iklan-iklan lain sebagai bonus dari hobi kita berbagi informasi...semangat gan.....

  • Rahmatullah.id
    Rahmatullah.id June 11, 2021 at 1:09 PM

    Sukses dalam membangun blog biasa banyak yg mengartikan kalau sudah bisa "menghasilkan" min...

    Tapi tulisan ini berbeda, memandang dari sisi lain..

    Mantaap.. 👍

    • Author
      Author June 12, 2021 at 7:00 AM

      Betul sekali saya membedakan sukses membangun blog dengan sukses menjadi blogger..hehehe

Add Comment
comment url