Backlink Checker Gratis Dari Bing Webmaster Tool

Daftar Isi [Tampil]
Backlink Checker Gratis Dari Bing Webmaster Tool
Gambar: malline.id
Pada artikel ini, kita membahas sepenuhnya alat webmaster Bing. Meski Google memang menjadi mesin pencari yang paling umum digunakan, tidak ada salahnya mengoptimalkan SEO website untuk mesin pencari lainnya.

Bagi yang memiliki blog, search engine marketing pasti menjadi salah satu hal yang sangat Anda pedulikan. Saat ini sudah banyak equipment search engine marketing on line yang dapat membantu memantau dan meningkatkan search engine marketing internet site.

Bing Webmaster Tools adalah salah satunya.

Apa itu Bing Webmaster Tools?

Seperti namanya, Bing Webmaster Tools adalah pembantu search engine marketing untuk mesin pencari Bing. Bisa dibilang Bing Webmaster Tools bekerja mirip dengan Google Search Console, hanya saja mesin pencari yang digunakan adalah Bing.

Sekalipun Bing hanya digunakan untuk 2,88% pencarian online, bukan berarti bisa diabaikan. Optimasi sasaran dari semua mesin pencari pasti akan berdampak positif pada blog Anda.

Cara mendaftar dan memverifikasi Alat Webmaster Bing

Pada bagian ini, kita akan membahas cara menggunakan alat webmaster Bing. Mulai dari cara mendaftar hingga cara membaca laporan dari alat search engine marketing ini. Sebelum memulai, Anda memerlukan akun Bing. Mereka menawarkan three metode pendaftaran untuk dipilih: akun Microsoft, akun Google atau akun Facebook.

Daftarkan Blog Anda dengan Alat Webmaster Bing

Jika Anda sudah memverifikasi internet site Anda di Google Search Console, Anda bisa mengimpornya langsung ke Bing Webmaster Tools, jadi tidak perlu verifikasi ulang. Namun, Anda juga dapat mendaftarkan blog Anda secara guide di kolom yang tersedia.

Verifikasi Blog

Jika Anda menambahkan blog secara guide, Anda perlu memverifikasi blog tersebut terlebih dahulu. Setelah menambahkan blog dan menekan "Tambah", Anda dapat memulai proses verifikasi. Tiga proses verifikasi:
1. Verifikasi document XML: Unduh document BingSiteAuth.xml dan letakkan di direktori root blog.

2. Verifikasi tag meta: Masukkan kode yang diberikan oleh Bing di kode halaman muka (domestic page) blog Anda.

3. Verifikasi DNS: Masukkan konfigurasi DNS di direktori DNS pada halaman panel kontrol blog. Setelah proses verifikasi selesai, Anda mungkin perlu menunggu 1-2 hari agar Bing menganalisis dan memberikan information lengkap tentang search engine marketing situs Anda.

Cara menggunakan bing backlink checker

Baiklah kita mulai masuk ke pembahasannya. Hampir sama halnya dengan menggunakan GSC (Google Search Console) pada Bing Webmaster Tools ini juga tersedia menu Backlink Checker..

Kalian bisa membuka atau mengakses backlink checker dengan cara:
1. Login ke Bing Webmaster Tools dengan memasukkan alamat email dan password yang sudah terdaftar
2. Scroll atau gulir ke bawah klik menu SEO di panel sebelah kiri
3. Kemudian klik Backlink

Pada menu yang muncul terdapat 3 menu utama, yaitu:
1. All Links
Berisi preferensi backlink yang masuk ke blog kita baik berupa nama domain, halaman yang terdapat backlink dan anchor text dari backlink blog kita.

2. Similar Sites
Menu ini merupakan menu spesial yang saya rasa tidak dimiliki oleh GSC (Google search console). Pada menu ini kita bisa membandingkan backlink dari blog kita dengan blog orang lain. Caranya hanya dengan memasukkan url blog orang lain dengan menekan link + add a site to compare.

Setelah situs pembanding ditambahkan akan muncul sumber backlink dari blog kita dan blog pembanding itu. Hal ini bisa kita manfaatkan untuk meniru backlink yang dibuat.

3. Disavow links
Menu ini digunakan untuk menolak link masuk/backlink yang berkualitas buruk agar tidak mempengaruhi kualitas blog kita yang biasanya berdampak pada naiknya Spam Score (SS). Bedanya dengan Google atau GSC, pada Bing Webmaster Tools menu disavow links muncul di menu yang mudah diakses sedangkan pada GSC untuk mendisavow kita akan diarahkan ke halaman baru untuk proses disavow.

Kesimpulan: Secara tampilan dan fitur dari menu backlink, Bing Webmaster Tool lebih unggul daripada Google Search Console.

Selamat mencoba, semoga bermanfaat

LihatTutupKomentar