Backlink Checker Gratis Dari Bing Webmaster Tool

Backlink Checker Gratis Dari Bing Webmaster Tool
Gambar: malline.id
Pada artikel ini, kita membahas sepenuhnya alat webmaster Bing. Meski Google memang menjadi mesin pencari yang paling umum digunakan, tidak ada salahnya mengoptimalkan SEO website untuk mesin pencari lainnya.

Bagi yang memiliki blog, search engine marketing pasti menjadi salah satu hal yang sangat Anda pedulikan. Saat ini sudah banyak equipment search engine marketing on line yang dapat membantu memantau dan meningkatkan search engine marketing internet site.

Bing Webmaster Tools adalah salah satunya.

Apa itu Alat Webmaster Bing?

Seperti namanya, Bing Webmaster Tools adalah pembantu search engine marketing untuk mesin pencari Bing. Bisa dibilang Bing Webmaster Tools bekerja mirip dengan Google Search Console, hanya saja mesin pencari yang digunakan adalah Bing.

Sekalipun Bing hanya digunakan untuk 2,88% pencarian on line, bukan berarti bisa diabaikan. Optimasi sasaran dari semua mesin pencari pasti akan berdampak positif pada blog Anda.

Cara mendaftar dan memverifikasi Alat Webmaster Bing

Pada bagian ini, kita akan membahas cara menggunakan alat webmaster Bing. Mulai dari cara mendaftar hingga cara membaca laporan dari alat search engine marketing ini. Sebelum memulai, Anda memerlukan akun Bing. Mereka menawarkan three metode pendaftaran untuk dipilih: akun Microsoft, akun Google atau akun Facebook.

Daftarkan Blog Anda dengan Alat Webmaster Bing

Jika Anda sudah memverifikasi internet site Anda di Google Search Console, Anda bisa mengimpornya langsung ke Bing Webmaster Tools, jadi tidak perlu verifikasi ulang. Namun, Anda juga dapat mendaftarkan blog Anda secara guide di kolom yang tersedia.

Verifikasi Blog

Jika Anda menambahkan blog secara guide, Anda perlu memverifikasi blog tersebut terlebih dahulu. Setelah menambahkan blog dan menekan "Tambah", Anda dapat memulai proses verifikasi. Tiga proses verifikasi:
1. Verifikasi document XML: Unduh document BingSiteAuth.xml dan letakkan di direktori root blog.

2. Verifikasi tag meta: Masukkan kode yang diberikan oleh Bing di kode halaman muka (domestic page) blog Anda.

3. Verifikasi DNS: Masukkan konfigurasi DNS di direktori DNS pada halaman panel kontrol blog. Setelah proses verifikasi selesai, Anda mungkin perlu menunggu 1-2 hari agar Bing menganalisis dan memberikan information lengkap tentang search engine marketing situs Anda.

Cara menggunakan alat webmaster Bing

Jika Anda belum pernah menggunakan Alat Webmaster Bing, jangan khawatir. Antarmuka alat ini sangat sederhana dan mudah dimengerti. Setelah berhasil memverifikasi blog, Anda akan dapat mengakses semua informasi terkait search engine marketing yang Anda cari. Mari kita bahas menu di Bing Webmaster Tools.

Dashboard/Home

Dasbor blog memberikan ringkasan singkat tentang aktivitas terbaru blog Anda di Bing. Di halaman ini, Anda dapat melihat jumlah klik, tampilan, rasio klik-tayang (CTR), rata-rata posisi situs, permintaan dan kesalahan move slowly, dan jumlah halaman yang diindeks. Selain itu, Anda dapat menelusuri tampilan ringkasan kesalahan terkait search engine marketing di blog.

Efek pencarian

Di menu hasil pencarian Bing Webmaster Tools, Anda dapat melihat informasi rinci tentang kata kunci mana yang mengarah ke blog Anda. Grafik yang ditampilkan sama dengan grafik di homepage, namun di sini Anda juga bisa menemukan daftar kata kunci di bawahnya.

Pemeriksaan URL

Anda dapat menggunakan menu ini untuk memeriksa halaman blog. Hasil pemeriksaan akan menampilkan dua information: Indeks Status. Selain itu, jika halaman yang diperiksa tidak terdaftar di pustaka Bing, Anda juga bisa meminta pengindeksan.

Browser web

Penjelajah blog adalah menu tempat Anda dapat menelusuri URL dan sub-URL di blog. Mulai Januari 2021, fitur ini masih dalam versi beta (beta). Pada tampilan Web Explorer, Anda dapat melihat daftar area dan subdomain, informasi move slowly, ringkasan dan klik URL, dan beberapa repute penting lainnya.

Peta Situs

Di menu ini, Anda dapat melihat ringkasan peta situs yang sedang digunakan, dan jika struktur blog berubah, Anda dapat mengunggah peta situs baru. Bing akan menggunakan peta situs ini sebagai "peta" untuk menjelajahi blog Anda. Tentunya, sitemap akan mempercepat proses move slowly dan indexing internet site di Bing.

Kirimkan URL

URL Submission adalah menu di mana Anda dapat meminta robotic perayap Bing untuk merayapi halaman blog sehingga dapat dimasukkan dalam indeks mesin pencari. Anda dapat menelusuri 1.000 URL setiap hari.

Anda dapat menemukan empat menu di bawah menu search engine marketing di sidebar Bing Webmaster Tools. Mari kita bahas setiap menu dan tujuannya.

Tautan balik

Seperti namanya, Anda bisa menggunakan menu ini untuk melihat laporan terkait one-way link ke internet site Anda. Selain jumlah dan sumber one-way link, Anda juga bisa melihat konten anchor textual content yang mengarah ke internet site Anda.

Riset kata kunci

Selain menyediakan fungsi analisis, Alat Webmaster Bing juga menyediakan fungsi penelitian kata kunci. Fitur ini sangat berguna untuk menentukan konten apa yang bisa dibuat selanjutnya atau menyempurnakan konten yang sudah ada.

Laporan SEO

Menu laporan SEO di Bing Webmaster Tools berisi laporan tentang SEO situs web Anda. Di sini, Anda dapat melihat masalah SEO situs web berdasarkan jenis, kompleksitas, dan halaman bermasalah.

Pemindaian situs web

Pemindaian situs di Bing Webmaster Tools adalah fitur yang dapat digunakan untuk menemukan masalah SEO umum di situs Anda. Anda dapat mengatur pemindaian ke satu halaman atau seluruh situs web, dan membatasi jumlah halaman yang diperlukan.

Menu "Konfigurasi" di Alat Webmaster Bing

Di menu ini, Anda dapat mengatur kontrol perayapan dan memblokir URL. Mari kita bahas lebih lanjut tujuan dari setiap menu.

Kontrol perayapan

Kontrol perayapan di Bing Webmaster Tools adalah menu yang dapat digunakan untuk mengontrol kapan robot browser Bing dapat menjelajahi situs web Anda. Di sini Anda dapat mengatur waktu mesin pencari Bing untuk memasuki situs web Anda dengan cepat dan lambat. Anda dapat memilih dari beberapa preset yang disediakan oleh Bing, atau Anda dapat mengatur preferensi Anda sendiri.

Blokir URL

Anda dapat mematikan akses mesin pencari Bing ke halaman atau direktori di situs web Anda. Ada dua pilihan fitur "Block URL" di Bing Webmaster Tools, yaitu memblokir atau mencegah caching sepenuhnya. Selain itu, mereka juga menyediakan opsi ekspor untuk membantu dalam audit lokasi.

Menu "Alat dan Penyempurnaan" di Alat Webmaster Bing

Menu ini berisi alat dan fungsi lain, yang dapat Anda gunakan sebagai parameter lain untuk mengelola dan mengoptimalkan situs web Anda.

Penguji robot.txt

Di menu ini, Anda dapat menguji robots.txt yang diinstal di situs web. Selain itu, Anda juga dapat menguji halaman untuk melihat apakah halaman tersebut diblokir oleh indeks Bing.

Verifikasi Bingbot

Fungsi bingbot verifikasi Bing Webmaster Tool sangat berguna untuk mengetahui apakah alamat IP tersebut milik robot Bing. Ini berguna jika robot tak dikenal ingin menjelajahi situs web Anda sehingga Anda dapat memblokirnya.

Fitur Microsoft Clarity di Bing Webmaster Tools

Microsoft Clarity di Bing Webmaster Tools adalah alat tambahan baru yang dapat digunakan untuk melihat data berguna seperti sesi pengunjung, peta panas, dan wawasan yang direkam di situs web. Lebih baik lagi, alat tersebut dapat digunakan secara gratis. Mari kita bahas fitur-fitur ini.

Pemutaran percakapan

Fitur ini digunakan untuk merekam beberapa sesi pengunjung untuk melihat apa yang mereka lakukan di situs web Anda dan bagaimana mereka berinteraksi dengan situs web Anda.
Tentunya fitur ini sangat berguna untuk melihat bagian mana dari website yang tidak valid atau kurang diperhatikan oleh pengunjung.

Heatsmap

Fitur peta panas di Alat Webmaster Bing dirancang untuk menunjukkan bagian situs web Anda yang paling banyak diklik. Data yang didapat dari heat map sangat berguna untuk meningkatkan click-through rate dan conversion rate pada website.
***
Referensi: Indrak
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url