-->

Cara Membuat Blog Untuk Pemula

Konten [Tampil]
Cara Membuat Blog Untuk Pemula
Gambar: Freepik
Ingin memulai bisnis dan memiliki website sendiri? Gunakan blog sebagai tempat berjualan saja. Pelajari cara membuat blog pribadi untuk bisnis atau tujuan lain di sini! Di era modern ini, hampir semua hal berhubungan dengan internet.

Mulai dari bisnis, chatting, bekerja, memesan makanan, semuanya dilakukan dengan transaksi virtual yang menggunakan layanan internet. Nah, Anda juga bisa membuka situs atau tempat sendiri di dunia maya, dengan Membuat Blog sendiri. Ini tidak sesulit yang Anda pikirkan, sungguh. Tidak percaya? Simak penjelasan lengkapnya di bawah ini!

Penjelasan Tentang Blog

Sebelum kita mempelajari cara membuat blog pribadi, mari kita lihat dulu apa artinya. Sebagian dari Anda pasti sudah tahu apa itu blog. Blog adalah anak dari website yang berisi berbagai jenis konten, mulai dari tulisan hingga gambar.

Sebuah blog tidak dibuat hanya untuk satu orang. Buktinya, banyak sekali perusahaan sukses di luar sana yang menggunakan layanan blog untuk menjalankan bisnisnya di dunia maya. Perusahaan-perusahaan tersebut antara lain Bukalapak, Niagahoster, dan GoJek. Blog memiliki karakteristik unik yang menguntungkan pengguna. Berikut ciri-ciri blog.
· Berisi konten terbaru
· Mudah diedit
· Dilengkapi dengan kolom komentar
· Memiliki berbagai tema dan coding

Cara Membuat Blog di Blogger

Daftar

Cara membuat blog di Blogger tidak jauh berbeda dengan WordPress. Pertama-tama, Anda harus mendaftarkan diri Anda terlebih dahulu. Setelah itu, Anda akan dibawa ke halaman utama Blogger. Klik masuk, dan masuk dengan akun Blogger baru Anda.

Konfirmasi Profil

Eits, jangan langsung ke dasbor konten ya! Anda diminta untuk mengkonfirmasi profil Anda terlebih dahulu. Opsi ini dibuat untuk memberikan informasi kepada pengguna tentang siapa yang mengunjungi blog di masa mendatang.

Lanjutkan Ke Halaman Pembuat Blog Pembuat

Setelah mengkonfirmasi profil, Anda akan masuk ke halaman pembuat blog. Di sini, Anda harus mengisi tema, judul, dan subdomain dari blog yang akan Anda buat. Untuk akun gratis, domain yang Anda dapatkan adalah blogspot.com. Jika Anda dapat berlangganan per bulan, domain akan dihapus dan diganti dengan “.com”. Ini lebih direkomendasikan karena dapat mendukung tujuan branding.

Kustomisasi Blog

Kustomisasi blog juga diperlukan di Blogger. Fungsinya untuk membuat tampilan blog lebih user friendly, tidak seperti website palsu. Langkah pertama yang bisa Anda lakukan adalah mengedit identitas online Anda. Ini dapat dilakukan dengan masuk ke 'Pengaturan' dan kemudian pilih 'Dasar'. Anda dapat mengubah judul dan deskripsi profil blog Anda secara bebas di sini. Pastikan identitas online Anda singkat, padat, dan jelas, ya.

Sesuaikan Tampilan Utama Tampilan

Tampilan blog adalah faktor terpenting! Agar orang terbiasa dan betah berlama-lama di blog, Anda membutuhkan penampilan yang menarik. Pilih tema yang sesuai dengan isi blog. Anda juga dapat mengedit tampilan blog di Blogger melalui opsi 'Setelan' dan pilih 'Tema'. Selain tema, Anda juga bisa memilih skema warna blog sesuai selera Anda.

Anda dapat mengubah tema ini ke tema asli di kemudian hari dengan memilih Pengaturan, lalu mengklik 'Cadangkan/Pulihkan', dan tunggu beberapa detik. Tema akan kembali ke tema default, sehingga dapat diedit dengan lebih mudah.

Mulai Menulis Konten

Blog pribadi Anda di Blogger sudah siap! Sekarang, Anda hanya perlu konten blog yang dapat Anda buat dengan langkah-langkah berikut.
· Pilih 'Entri Baru' di halaman utama Blogger.
· Tulis Judul konten di bagian atas layar.
· Isi konten dengan teks, gambar, atau video yang Anda miliki.
· Anda dapat memanfaatkan fitur tambahan untuk mempercantik konten seperti gaya dan font.
· Setelah siap, konten dapat diluncurkan dengan memilih opsi 'Terbitkan'.

Kalau gak mau ribet, kami menyediakan jasa pembuatan blog dengan harga murah, silakan kunjungi https://s.id/D2XMS atau bisa langsung menuju ke link jasa pembuatan blog.
Selamat mencoba semoga bermanfaat
-->
LihatTutupKomentar