Materi Kuliah: Algoritma dan Pemrograman 1

Materi Kuliah: Algoritma dan Pemrograman 1
Materi kuliah yang akan kita bahas adalah mata kuliah Algortima dan Pemrograman dimana matakuliah ini penting artinya dalam kehidupan sehari-hari, terlebih lagi untuk seseorang yang berkecimpung dalam pembuatan program. Perlu pemahaman yang cukup dan latihan dari permasalahan, agar pengetahuan pembuatan algortima dapat dikuasai dengan baik. Pada matakuliah ini, Anda akan mempelajari pembuatan algoritma, yang dipergunakan terutama untuk pembuatan program.

Mata Kuliah ini akan mempelajari berbagai hal tentang algoritma dan pemrograman antara lain:
  1. Sejarah perkembangan Bahasa C++
  2. Pengenalan IDE C++
  3. Pengenalan struktur program C++
  4. Penegenalan Model Data
  5. Pengenalan variable, tipe data dan perintah masukan dan keluaran
  6. Operator Bahasa C++, manipulasi string dan konversi string
  7. Seleksi kondisi
  8. Perulangan
  9. Array
  10. Pointer dan Macro
  11. Fungsi
  12. Structure
  13. Object Oriented Program (OOP)
Dalam slide akan tersedia materi dan juga Latihan soal/praktek. Tentu saja karena materi ini sebenarnya adalah materi yang harus dipraktekkan maka di akhir pertemuan mahasiswa akan ditugaskan untuk membuat sebuah project pembuatan aplikasi dengan menggunakan Borland C++ sesuai dengan materi yang sudah pernah disampaikan sebelumnya.

Sebagai tambahan informasi bahwa aplikasi Borland C++ umumnya dapat kita lihat pada aplikasi kasir dan aplikasi lain dengan tampilan khas berupa background warna gelap seperti tampilan command prompt pada windows.

Borland C++ atau lebih umum Bahasa C++ adalah Bahasa dan program yang menghasilkan aplikasi sederhana dengan tampilan minimalis dan sangat mudah untuk digunakan oleh seorang end user tanpa perlu pelatihan lanjutan.

Bagi seorang mahasiswa Teknik Komputer/Informatika materi ini biasanya diajarkan pada semester awal antara semester 1 atau semester 2 karena materi ini adalah materi dasar sebelum mempelajari bahasa pemrograman lain. Apabila materi algoritma dan pemrograman ini dapat dikuasai maka pada pembelajaran bahasa pemrograman lanjutan atau bahasa pemrograman lain akan lebih mudah dan cepat dipelajari

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url