Materi Kuliah: Arsitektur Komputer

Materi Kuliah: Arsitektur Komputer
Materi kuliah selanjutnya yang akan kita bahas adalah mata kuliah arsitektur komputer dimana matakuliah ini penting di prodi informatika baik jurusan teknik komputer ataupun teknik informatika. Pada matakuliah ini diharapkan dapat memahami tentang bagaimana komputer dibentuk oleh komponen-komponen pendukungnya, agar relasi atau hubungan inti antara perangkat keras dan perangkat lunak dapat dipahami pula..

Mata kuliah ini akan mempelajari berbagai hal tentang rangkaian digital antara lain:
  1. Evolusi komputer
  2. Bus-bus sistem
  3. Internal memori
  4. Eksternal memori
  5. Input/output
  6. Central processing unit (CPU) dan unit control
  7. Set intruksi mode dan format
  8. Struktur dan fungsi CPU
  9. Reduced instruction set computers (RISC)
  10. Reduced instruction set architecture (RISA)
Materi arsitektur komputer merupakan salah satu materi yang harus lebih banyak teori daripada prakteknya maka sistem ujiannya pun lebih kepada soal-soal teoritis.

Bagi seorang mahasiswa Teknik Komputer/Informatika materi ini biasanya diajarkan pada semester kedua karena materi ini adalah materi dasar sebelum mempelajari mata kuliah lain sesuai jurusan masing-masing. Apabila materi  ini dapat dikuasai maka pada pembelajaran selanjutnya akan lebih mudah dan cepat dipelajari. Materi ini disampaikan sebagai dasar apabila mahasiswa akan terjun kedunia profesional sebagai teknisi komputer maupun robotik.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

Formulir Kontak