Contoh SK Tugas Mengajar SMP

contoh sk tugas mengajar guru SMP

Pengertian

Sebelum kita membahas tentang surat keputusan tugas mengajar atau biasa disingkat SKTM maka kita perlu ketahui terlebih dahulu apa itu surat keputusan atau SK itu.

Surat keputusan merupakan sebuah surat atau ketetapan yang dibuat oleh badan atau perusahaan tertentu dalam bentuk tertulis dengan berdasarkan dari peraturan perundang undangan yang mengatur. Surat keputusan bersifat konkret, individual dan final. Oleh sebab itu dalam prosesnya pembuatan surat keputusan langsung ditujukan kepada pihak yang dimaksud dan tidak disebarkan secara umum.

Jika kita sudah mnegetahui apa itu SK maka dengan mudah kita bisa mengartikan bahwa SK Tugas mengajar adalah sebuah surat keputusan yang berisi daftar tugas mengajar dari seluruh SDM atau civitas akademika di suatu instansi pendidikan yang meliputi, manajemen sekolah dalam hal ini wakil kepala sekolah, kemudian guru, karyawan tata usaha, sampai dengan penjaga sekolah baik itu tugas utama maupun tugas tambahan yang diberikan.

Fungsi SK Tugas Mengajar

SK Tugas Mengajar (SKTM) merupakan dokumen yang wajib dibuat sekolah pada awal tiap semester. Dokumen ini menjadi bukti bahwa guru atau tenaga kependidikan masih aktif menjalankan tugasnya di lembaga yang bersangkutan.

SKTM berisi beban mengajar guru di sekolah serta tugas tambahan lainnya, seperti membina kegiatan ekstrakurikuler, membimbing pembiasaan, tugas administrasi dan sebagainya.

Beberapa fungsi dari surat keputusan tugas mengajar antala lain:

1. Bukti aktif mengajar

Sebagaimana disebutkan di atas bahwa SKTM merupakan tanda atau bukti bahwa seorang pendidik atau tenaga kependidikan masih aktif mengajar atau betugas di suatu instansi pendidikan.

2. Arsip sekolah

Tentu saja SK tugas mengajar merupakan salah satu dokumen yang wajib diarsipkan karena merupakan salah satu jenis dokumen penting milik suatu instansi yang mengandung bukti-bukti otentik dari sebuah sistem kegiatan belajar mengajar.

3. Dokumen pengembangan diri

Dokumen pengembangan diri yang dimaksud disini adalah dokumen sebagai salah satu syarat untuk mengikuti kegiatan pengembangan diri seperti PPG dalam jabatan (PPG DalJab), kenaikan pangkat bagi aparatur sipil negara, pencairan sertifikasi dan tunjangan serta bentuk kegiatan pengembangan diri lainnya.

Masa Berlaku SK

Tiap sekolah punya kebijakan sendiri menentukan masa berlaku SK ini. ada yang membuat untuk satu semester, ada pula yang satu tahun ajaran sekaligus. Pada umumnya SK tugas mengajar masa berlakunya adalah satu semester sedangkan untuk yang berlaku satu tahun biasanya adalah SK pembina lomba, SK Pengelolaan dana BOS dan yang sejenisnya

Lampiran SK

Bentuk atau format dari SK tugas mengajar bervariasi dan berbeda-beda di masing-masing instansi namun secara garis besar memiliki komponen yang sama, perbedaan hanya pada format SK yang mana ada yang dibuat secara individu jadi setiap orang memiliki SKnya masing-masing dan hanya terdapat nama SDM bersangkutan saja pada SK dan ada yang berbentuk SK kolektif serta bentuk tabel lampiran. Bagian lampiran terdiri dari beban mengajar guru, tugas tambahan pembina ekstra, wali kelas, pembina bimbingan konseling, dan tugas administrasi sekolah serta penjaga sekolah. Bapak dan Ibu tentu harus menyesuaikan dengan kondisi sekolah masing-masing.

 
Untuk file contoh SK Mengajar SMP bisa diunduh di link berikut: Link Contoh SK Tugas Mengajar SMP .

Demikian contoh SK Tugas Mengajar untuk sekolah jenjang SMP semoga bermanfaat.
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url