Materi Kuliah: Teori Rangkaian Listrik

Materi Kuliah: Teori Rangkaian Listrik
Materi kuliah selanjutnya yang akan kita bahas adalah mata kuliah Teori Rangkaian Listrik dimana matakuliah ini penting di prodi informatika baik jurusan teknik komputer ataupun teknik informatika. Pada matakuliah ini, kita akan belajar bagaimana memahami tentang teori dasar rangkaian listrik dan menerapkannya dalam perancangan alat elektronika.

Mata kuliah ini akan mempelajari berbagai hal tentang teori rangkaian listrik antara lain:
  1. Besaran dan satuan listrik
  2. Konsep dasar dan elemen-elemen rangkaian listrik
  3. Rangkaian DC resistif
  4. Analisa Loop ( Mesh Analysis )
  5. Analisa Simpul ( Nodal Analysis )
  6. Analisa Rangkaian Ekivalen Star dan Delta
  7. Teorema Thevenin
  8. Teorema Norton
  9. Teorema Superposisi
  10. Transfer Daya Maksimum
  11. Rangkaian DC Kapasitif dan Induktif
  12. Rangkaian Peralihan
Sekilas materi ini terlihat sebagai gabungan antara mata pelajaran fisika dan elektronika. Tentu saja karena materi ini sebenarnya adalah materi yang harus dipraktekkan maka di setiap pertemuan ada tugas yang harus dikerjakan berupa latihan berdiskusi.

Sebagai tambahan informasi bahwa materi teori rangkaian listrik ini adalah materi dasar yang sebagai awal dari materi selanjutnya yang akan dibagi menjadi beberapa cabang mata kuliah  lain yang berkaitan dengan elektronika.

Bagi seorang mahasiswa Teknik Komputer/Informatika materi ini biasanya diajarkan pada semester awal antara semester 1 karena materi ini adalah materi dasar sebelum mempelajari mata kuliah lain sesuai jurusan masing-masing. Apabila materi  ini dapat dikuasai maka pada pembelajaran selanjutnya akan lebih mudah dan cepat dipelajari
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url