Berapa Biaya Pembuatan Sebuah Blog?

Sanwitana - Terinspirasi dari beberapa blogger yang menuliskan hal ini, membuat saya kemudian mencoba merangkai kata dan menghitung-hitung sendiri berapa biaya pembuatan sebuah blog dalam hal ini tentu saja biaya dari blog yang saya kelola.

Tulisan ini bersifat informatif untuk para pembaca yang mungkin berminat atau akan memulai membuat sebuah blog dan juga sebagai pengingat saya jika suatu saat nanti bertanya-tanya, dulu berapa sih modal saya membuat blog?, maka harapannya tulisan dokumentasi ini bisa menjawab itu semua.

Ada beberapa blog yang saya kelola baik berbayar maupun gratis, antara lain:

  • https://www.sanwitana.com (Edukasi, Teknologi)
  • https://www.marbot.or.id (Religi, Islami)
  • https://www.bloggerpemula.eu.org (tips blogger-gratis)
  • https://www.relawanrapi.eu.org (radio komunikasi-gratis)
Dari blog-blog diatas saya hanya akan membahas dua blog teratas yang notabenenya berbayar mulai dari domain, hosting dan template.

Domain

Saya mulai dari domain, saya membeli domain .com pada penyedia domain niagahoster, saat itu sedang ada promo Rp. 115.000,00 padahal harga normal sekira Rp. 145.000,00, salah satu pertimbangan membeli domain ini adalah selain sebagai salah satu domain paling banyak dan umum dipakai, ternyata domain .com adalah salahsatu domain global yang paling diminati karena kemudahan index dan dan dipercaya memiliki nilai lebih dibanding domain lainnya.

jika teman-teman menginginkan hal sama maka silakan bisa dibeli saja domain .com, yang memiliki nilai branding yang kuat dibanding domain lainnya. nilai branding inilah yang membuat domain .com laris manis di pasaran.

Sedangkan untuk domain .or.id seharga Rp 55.000,00 promo dengan harga asli saat itu Rp 85.000,00, domain ini saya pilih karena selain murah juga pembuatan blog ini bertujuan sebagai media dakwah semisal muslim.or.id yang merupakan salahsatu website rujukan dalam belajar agama Islam.

Hosting

Banyak penyedia hosting baik gratis maupun berbayar yang banyak dipakai, namun dengan pertimbangan asas praktis dan hemat saya lebih memilih menggunakan hosting gratis dari blogger untuk semua blog yang saya miliki.

Mengapa harus blogger?bukan wordpress atau hosting berbayar? selain karena gratis dengan blogger yang sudah user friendly menurut saya, juga sudah komplit tanpa perlu ribet mengurusi keamanan, plugin dan lain sebagainya dibanding dengan wordpress apa lagi hosting berbayar yang harus memulai hampir dari nol.

Template

Template atau theme atau tampilan antarmuka blog sangat penting dalam upaya menarik minat para pembaca. Pada awalnya saya membuat blog dengan menggunakan template gratis dari igniel yaitu fiksioner untuk blog sanwitana.com dan textrim untuk marbot.or.id, namun seiring berjalannya waktu saya merasa bosan dan kurang nyaman dengan adanya credit template yang tidak bisa dibuang.

Hal tersebut kemudian membuat saya mencoba membeli template Linkmagz dan Viomags dari pihak ketiga dengan harga Rp. 50.000,00, namun hal ini juga kurang membuat saya terpuaskan.

Kemudian saya mencoba menggunakan template gratis Oreo yang saya coba kombinasikan dengan template pinktong namun hasilnya sama, kurang memberi kepuasan.

Hingga akhirnya saya menggunakan template gratis yang menurut saya paling the best yaitu Jettheme. Saya menggunakan template Jettheme original untuk blog bloggerpemula.eu.org dan relawanrapi.eu.org sedangkan untuk blog sanwitana.com dan marbot.or.id saya memodifikasi kode sumbernya sehingga menghasilkan template yang saya rasa lebih simple yang kemudian saya beri nama JetTex yaitu template jettheme versi text only.

Total

Jadi kesimpulannya, biaya pembuatan blog yang saya buat adalah:

Biaya Pembuatan Blog Tahun Pertama
Produk Harga
Domain .com Rp 115.000,00
Domain .or.id Rp 55.000,00
Hosting gratis
Template Linkmagz Rp 50.000,00
Template Jettheme/JetTex gratis
Total Rp 220.000,00

Sedangkan biaya yang harus saya keluarkan pertahun hanya untuk domain .com dan .or.id yaitu 145.000 + 85.000 = Rp 234.000,00 belum termasuk PPn

Dengan biaya seperti di atas saya rasa cukup murah sebagai gambaran teman-teman yang mau membuat blog. Sebagai rekomendasi domain alternatif  bisa memulai dengan domain .my.id yang hanya senilai sekira Rp 12.000,00

Demikian sedikit informasi dari saya semoga menginspirasi dan bermanfaat. Selamat mencoba....

Next Post Previous Post
1 Comments
  • Rahmatullah
    Rahmatullah 18 Juni 2022 12.12

    waw keren ya

Add Comment
comment url