Pengertian dan Contoh Pidato

Pengertian dan Contoh Pidato

Pengertian Pidato

Secara mudahnya pidato memiliki arti suatu kegiatan berbicara di depan banyak orang. Sedangkan secara istilah tata bahasa yang benar yaitu menurut KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia) Pidato bermakna sebuah pengungkapan pikiran ke dalam bentuk kata-kata. Pidato ditunjukkan kepada banyak orang. Selain itu pidato adalah wacana yang disiapkan untuk diucapkan di depan khalayak ramai.

Salah satu tokoh/ahli bahasa yaitu Bapak Emha Abdurrahman mendefinisikan bahwa pidato adalah sebuah kegiatan berbicara di depan umum. Pidato dilakukan untuk menyampaikan sebuah pendapat atau uraian. Pidato dilakukan seseorang secara lisan. Informasi di dalam pidato menjelaskan mengenai suatu hal atau sebuah masalah. Pidato akan dilakukan dengan menggubakan kalimat-kalimat yang jelas pada waktu tertentu di hadapan banyak orang.

Tujuan Pidato

Sebagaimana disebutkan diatas bahwa pidato adalah berbicara di depan banyak orang, maka sudah barang tentu hal ini memiliki tujuan. Di antara tujuan seseorang berpidato antara lain:

1. Memberikan Sapaan/Sambutan

Sering kita melihat atau bahkan menghadiri sebuah acara yang sering dimulai dengan pidato dari seorang tuan rumah baik itu ketua panitia, pimpinan perusahaan dan sebagainya. Pidato ini pada umumnya bersifat sebagai sapaan/sambutan kepada para tamu yang hadir.

2. Memberikan Informasi

Apapun bentuk pidato itu sudah pasti tujuan utamanya adalah memberi informasi kepada para pendengarnya sedangkan informasi yang disampaikan pun beragam sesuai dengan situasi, kondisi dan keperluan dari pidato tersebut. Sebagai contoh pidato yang disampaikan pada saat pembukaan sebuah acara, tentu saja pidato itu akan berisi banyak informasi tentang acara tersebut dengan tujuan para pendengar mengetahui lebih banyak informasi terkait acara yang dihadirinya.

3. Mempengaruhi dan Meyakinkan Orang Lain

Tujuan ini biasanya ada atau digunakan oleh orang-orang yang berkepentingan, misal seorang pejabat publik atau calon pejabat publik yang ingin mendapatkan simpati dan suara rakyat dalam suatu pemilihan, atau sekedar untuk mensosialisasikan program kerjanya agar mendapatkan dukungan dari masyarakat yang dipimpinnya.

Contoh Pidato

Sudah banyak contoh pidato bertebaran di internet maupun di buku-buku yang dijual di pasaran namun kurang afdol rasanya jika disini tidak diberikan contohnya. Baiklah silakan bisa disimak salah satu contoh pidato singkat bahasa Indonesia tentang kebersihan berikut:

Selamat Pagi Bapak/Ibu guru yang kami hormati,

Serta teman-temanku sekalian yang saya cintai

Pertama-tama mari kita panjatkan puji dan syukur ke hadirat Allah SWT karena berkah dan karunia-Nya sehingga kita dapat berkumpul pada acara pagi hari ini.

Bapak/Ibu guru serta teman-teman yang saya cintai, seperti yang kita ketahui bahwa lingkungan di sekitar kita telah menjadi cerminkan budaya sekolah kita. Alangkah tidak bijaknya jika lingkungan di sekitar kita terlihat tidak enak dipandang dan terasa tidak nyaman lagi. Apalagi sekolah ini telah menjadi rumah kedua kita yang setiap hari kita singgahi guna menuntut ilmu.

Lingkungan sekolah seharusnya selalu terjaga dan memiliki suasana yang sejuk sehingga kita pun dapat lebih konsentrasi dalam proses kegiatan belajar mengajar. Oleh karena itu, saya sebagai bagian dari keluarga di sekolah ini sangat menginginkan supaya kita bisa tetap terus menjaga kebersihan lingkungan sekolah yang kita cintai ini. Setiap kelas seharusnya sudah memiliki kedisiplinan tersendiri akan pentingnya kebersihan.

Seperti kebijakan yang telah ditetapkan sebelumnya, setiap siswa sudah memiliki jadwal piket masing-masing, sudah sepatutnya teman-teman sekalian selalu datang lebih awal untuk dapat membersihkan kelas terlebih dahulu sehingga ketika pelajaran pertama dimulai, lingkungan kelas kita sudah mulai bersih dan nyaman untuk ditempati.

Dan tidak lupa pula, kita semua sebagai siswa seharusnya selalu sadar bahwa adanya tong sampah bukanlah tanpa tujuan. Anda harusnya bisa belajar taat untuk dapat membuang sampah pada tempatnya, sehingga kebersihan sekolah kita pun tetap terjaga dan terbebas dari sampah-sampah yang berserakan. Bapak/Ibu guru dan teman-teman yang saya cintai.

Saya berharap dengan adanya tindakan-tindakan kecil yang telah saya sebutkan sebelumnya, diharapkan mampu menyadarkan kita semua untuk menjaga kebersihan lingkungan sekolah. Kebersihan berpengaruh besar terhadap kesehatan maka dari itu kebersihan perlu dijaga oleh kita dan untuk kita juga.kepada Tuhan Yang Maha Esa.

Akhir kata, terima kasih atas kesempatan diberikannya waktu untuk menyampaikan sepatah dua patah pidato singkat ini, jika ada salah kata semoga bisa dimaafkan.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url