Pentingnya Pendidikan Pancasila

Pancasila berasal dari bahasa Sansekerta, Panca artinya lima, Syila artinya alas, dasar. Syila berarti tingkah laku yang penting, baik. Istilah Pancasila juga terdapat dalam kitab Negara Kertagama karya Empu Prapanca tahun 1365, dan Sutasoma karya Empu Tantular yang berarti lima pantangan atau larangan, larangan itu adalah larangan mencuri, larangan membunuh, larangan berjudi, dan minuman keras, larangan berdusta dan berzina.

Secara historis nilai-nilai Pancasila sudah ada sejak ada bangsa Indonesia mendiami wilayah nusantara. Menurut Simbolon (1995) tahap rakyat menjadi bangsa adalah berkumpulnya manusia yang berada di wilayah nusantara yang hidupnya terpisah pisah secara geografis, kultural lambat laun menyatu dalam identitas politis bersama bernama Indonesia.

Dengan demikian bangsa Indonesia tidak dipersatukan oleh sesuatu yang bersifat fisik, seperti ras, agama, bahasa, budaya, geografi. Seperti pendapat Ernest Renan (1994) dalam pidatonya yang berjudul Qu’est ce qu’une Nations? (Apakah bangsa itu?). Renan mengemukakan bahwa bangsa itu adalah soal perasaan, soal kehendak (tekad) semata-mata untuk hidup bersama yang timbul antara segolongan besar manusia yang nasibnya sama dalam masa lampau, terutama dalam penderitaan bersama.

Hal ini menunjukkan bahwa bangsa Indonesia tidak terbentuk atas dasar kesamaan ras, etnis, agama atau suku. Kemajemukan yang ada dalam masyarakat Indonesia Indonesia yang menyatu dalam wadah bangsa Indonesia. Proses interaksi dalam masyarakat yang berlangsung dalam kurun waktu yang lama sampai akhirnya membentuk pada penemuan identitas diri yang satu dan sama yaitu bangsa Indonesia.

Pancasila sebagai sistem nilai sudah menyatu dengan kehidupan rakyat Indonesia yang berakar dari budaya yang tumbuh subur dalam kehidupan masyarakat Indonesia. Seperti nilai percaya pada Tuhan, saling menghormati antar pemeluk agama yang berbeda, gotong royong, musyawarah, kesetiakawanan.sosial. Dalam perkembangannya permasalahan

permasalahan muncul dalam kehidupan masyarakat seiring dengan perkembangan zaman. Perilaku-perilaku yang menyimpang dari nilai-nilai Pancasila sedemikian maraknya. Untuk itulah perlu Pendidikan Pancasila dengan mengkaji lebih mendalam nilai-nilai Pancasila untuk membentuk karakter mahasiswa sesuai dengan kepribadian bangsa Indonesia. Sehingga permasalahan permasalahan yang sering muncul dan merusak kehidupan seluruh komponen bangsa bisa ditekan.
 
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url